Loading energy...

UNTUK 24 JAM YANG OPTIMAL!

Sering gagal menepati deadline cuma karena gampang tergoda buat buka YouTube pas lagi kerja? Atau suka absen nongkrong bareng teman lama gara-gara harus lembur? Jika jawabannya “YA”, berarti kamu punya PR serius soal manajemen waktumu. Tenang saja, walaupun terdengar ribet, tapi sebenarnya ini bukan hal sulit. Ayo, ikuti tipsnya!

UNTUK 24 JAM YANG OPTIMAL!

Sering gagal menepati deadline cuma karena gampang tergoda buat buka YouTube pas lagi kerja? Atau suka absen nongkrong bareng teman lama gara-gara harus lembur? 


Jika jawabannya “YA”, berarti kamu punya PR serius soal manajemen waktumu.  Tenang saja, walaupun terdengar ribet, tapi sebenarnya ini bukan hal sulit. Ayo, ikuti tipsnya!


1. Buat to-do list 

Ini dia hal sederhana yang bisa bikin harimu lebih optimal!  Coba deh biasakan untuk membuat to-do list di smartphone-mu. Buat sedetail mungkin, dari daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan, sampai rencana santai dan istirahat siangmu. Nggak sulit, kan? Masa meluangkan waktu 15 menit saja susah?


2. Kategorikan level pekerjaanmu 

Nggak semua hal harus jadi prioritas.  Kalau terus memaksakan diri, yang ada pekerjaanmu malah jadi kurang optimal. Nah, untuk memisahkan mana yang penting dan tidak, coba kategorikan aktivitasmu ke dalam 4 bagian : 

Level 1: yang wajib dikerjakan sesegera mungkin, 

Level 2: yang harus diselesaikan di akhir hari,

Level 3 yang bisa kamu delegasikan ke orang lain, 

Level 4 yang seharusnya tidak perlu dikerjakan




3. Take a break! 

Ingat, kita kan bukan robot. Melewatkan waktu istirahat justru malah membuat kamu jadi gampang suntuk dan kelelahan. Mulai sekarang, sisihkan waktumu 10-15 menit setiap berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan. Dengan begitu, pikiranmu akan jadi segar kembali.

 

4. Berani bilang “tidak” 

Kerjaan jadi keteteran cuma gara-gara kamu nggak bisa menolak ajakan nongkrong dari teman? Ini dia akibatnya kalau kamu terlalu gampang bilang “ya”. Sekarang saatnya kamu berani bilang “tidak” dan berpegang sama prioritas yang sudah dibuat.


Nggak sulit, kan? Awalnya saja mungkin berat, tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa, kok.  Sebab, dengan perencanaan waktu yang tepat, bukan cuma nggak lagi kewalahan lembur, tapi tubuhmu juga punya waktu lebih untuk me-recharge energi yang berguna untuk aktivitasmu di keesokan harinya.


“Always plan ahead. It wasn’t raining when Noah built the ark.” - Richard Cushing

comments powered by Disqus
Back to top